Selasa, 16 November 2010

Tes F1 Abu Dhabi: 21 Lap yang Bersejarah buat Rio dan Indonesia

Saat yang bersejarah itu pun tiba. Rio Haryanto secara sah telah menjadi orang Indonesiapertama yang menggeber mobil F1 pada sesi tes para rookie di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi,hari Selasa (16/11). Tes itu disaksikan oleh Dubes RI untuk Uni Emirat Arab, Mohammad WahidSupriyadi, orangtua Rio, Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati, wakil Pertamina selaku sponsor,dan tentu saja wartawan media cetak dan elektronik dari Indonesia.

Tes dimulai tepat pukul 09.00 waktu Abu Dhabi (12.00 WIB). Setelah melakukan satu lappemanasan untuk mengecek semua fungsi yang ada di mobil, Rio kemudian istirahat 30 menitkarena mobil diperiksa secara mendetail oleh kru mekanik Virgin Racing. Setelah dinyatakanoke, Rio kemudian kembali ke trek. Dia melahap 10 lap pertama dengan catatan terbaik 1 menit51,484 detik yang ia buat di lap 10. Rio kembali ke pit dan mobil diperiksa ulang. Pada 10 lappertama itu kondisi mobil tidak disetel untuk kondisi maksimal.

Setelah beristirahat sekitar 30 menit, Rio kembali ke trek untuk melakukan latihan selama 10 laplagi. Waktu terbaik terus dibuat Rio dari lap ke lap, dengan puncaknya terjadi pada lap 20 dengancatatan 1:49,439. Sayang, setelah itu ada kerusakan girboks di mobil Rio di mana gigi 5-nyabermasalah. Rio pun tidak bisa melanjutkan program yang sebenarnya direncanakan sekitar 50lap itu. Mekanik Virgin butuh waktu yang lama untuk memperbaiki girboks karena sesi pagi sudahharus selesai pada pukul 12.30 dan sesi petang sudah dijadwalkan untuk Jerome D’Ambrosio,pembalap Belgia yang memang sudah menjadi penguji Virgin Racing. Total Rio melahap 21 lapdengan catatan terbaik 1:49,439.

Secara umum Rio Haryanto mengatakan:
“Saya senang akhirnya bisa menjajal mobil F1 dan membuat sejarah buat bangsa Indonesia.Memang tes tidak berjalan mulus karena ada kerusakan girboks dan jelas itu bukan kesalahansaya. Namun paling tidak saya mendapat gambaran bahwa mobil F1 memang cepat dari segalasisi, bahkan fungsi-fungsi yang ada di mobil itu sendiri begitu cepat responsnya. Fisik sayarasanya tidak masalah, karena tim Virgin juga membuat program yang bagus, tidak langsungmemaksa saya banyak lap untuk sekali jalan. Tes ini berjalan singkat, tapi bagi saya maknanyasangat dalam terutama sebagai bekal untuk karier ke depan. Terima kasih buat semua pihakyang telah membuat saya mendapat kesempatan ini, orangtua, sponsor, tim Virgin Racing danManor Racing, dan tentu saja bangsa Indonesia atas doanya.

”John Booth, Team Principal Virgin Racing, mengatakan:“Rio melakukan sesuatu yang luar biasa hari ini. Dari semua pembalap yang ikut tes di sini,hanya dia yang tidak pernah berlaga sebelumnya di Abu Dhabi. Jadi dengan kondisi serba-pertama ini saya pikir apa yang telah dilakukan Rio selama sekitar 20 lap itu tergolong bagus.Memang ada masalah girboks, tetapi itu biasa dalam tes. Kami berjanji akan mengganti programyang terganggu ini, di mana seharusnya Rio melahap 50 lap, dengan tes F1 di Valencia,Spanyol, tahun depan. Catatan yang dibuat Rio terus membaik, itu bukti dia cepat beradaptasi.Seluruh mekanik tim puas dengan apa yang dilakukan Rio. Mereka senang, karena Rio tidakgrogi dan tidak membuat satu pun kesalahan.

”Dubes Wahid menyatakan:

“Saya sungguh senang bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri sejarah yang dibuat salahsatu putra terbaik Indonesia di arena olahraga, Rio Haryanto. Apa yang dilakukannya hari inisungguh membuka mata dunia, terutama di kawasan Timur Tengah dan UEA, bahwa Indonesiajuga punya nama hebat di arena olahraga. Kalau ada kesempatan menjual nama Rio di sini,tentu akan saya lakukan dengan program-program yang berkaitan dengan Indonesia. SemogaRio segera lebih mendunia dengan prestasi yang sama-sama kita banggakan.”Setelah melakukan tes F1, Rio bakal mengikuti F3 Makau akhir pekan ini. Dia akan berlagabersam tim Raikkonen Robertson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar